Saturday 20 June 2015

Gua Hiro Tempat wahyu Pertama Turun

Jabal Nur adalah sebuah gunung dimana Malaikat Jibril pada 17 Rajab turun membawa wahyu yang pertama tersebut kepada Nabi Muhammad SAW yang berada di dalamnya. Gunung ini terletak di sebelah tenggara, 4 km dari kota Makkah, yaitu dekat dengan jalan Mina menuju Arafah. Karena adanya perluasan wilayah, sekarang gunung ini berada di dalam Makkah. Di Jabal Nur inilah gua Hiro berada. Sejumlah pakar sejarah mengatakan bahwa sebelum di angkat menjadi nabi dan rasul, Muhammad telah melakukan uzlah di dalam gua Hiro, beliau beribadah, bertafakur di dalamnya, istri nabi Muhammad Siti Khadijah selalu datang dengan membawa makanan dan minuman selama nabi berada di gua Hiro, dia lewat jalan yang terjal tanpa penerangan apapun, itu semua dilakukan hanya demi ridha dari allah SWT dan nabinya. Diriwayatkan dari Khodijah RA, “Sesunggunya Nabi telah menyendiri di Gua hira. Beliau melihat mimpi yang benar sampai kemudian Jibril turun membawa wahyu, lalu Nabi pulang ke rumahnya dengan gemetar. Lalu beliau menceritakan kepada istrinya kejadian yang telah menimpanya, dan Khodijah memberitahukan hal itu kepada Waroqoh bin Naufal. Waroqoh memberi kabar gembira tentang kenabiannya seraya berkata, “Sesungguhnya dia adalah Nabi umat ini.”

No comments:

Post a Comment