Friday 26 June 2015

Masjid Gede Kauman, Masjid bersejarah Di Yogyakarta

Masjid gede kauman adalah masjid heritage bagi orang jogja, didirikan tahun 1773 oleh sultan Hamengkubuwono pertama, bentuknya tidak berubah dari bentuk aslinya, meskipun umurnya sudah 200 an tahun, kayu yang dipergunakan untuk membangun masjidnya ini adalah kayu jati makanya tidak heran masjidnya tampak asli seperti dulu .
Bentuk arsitektur bangunan induk dari masjid yang terletak di alun alun utara kraton ini adalah persegi yang ditutupi atap bertumpang tiga,
mimbar imam yang ada di depan terbuat dari kayu, di dekatnya ada bangunan mirip sangkar, konon kabarnya di sanalah sultan melakukan ibadah. Serambi masjid dibuat lebih tinggi dari pada halaman masjid. Ada terdapat kolam di bagian depan yang dulu dipergunakan untuk mencuci kaki orang yang hendak masuk masjid.
Di saat bulan puasa seperti sekarang, pengunjung masjid kebanggaan orang jogja ini sangat ramai, mereka sebagian adalah warga yang tinggal di sekitar masjid dan sebagian lagi warga datangan yang tinggal di luar jogja, bahkan ada beberapa wisatawan asing datang, mereka mengabadikan bangunan masjid yang unik ini dengan kamera mereka. Menurut informasi pengurus masjid kauman, jumlah jamaah sholat teraweh di masjid ini sangat ramai, warga yang datang selain bermaksud untuk sholat teraweh berjamaah, juga untuk melestarikan adat kebiasaan nenek moyang mereka sejak dulu yaitu memakmurkan masjid kauman.

No comments:

Post a Comment