Pages

Wednesday 23 December 2015

Cara menghadapi Anak 3 tahun Ketika Ngambek



Lucu juga denger cerita istri kalau anak kami Abil umur 3 tahun sekarang sudah pintar ngambek, dan kalau ngambek dia akan pergi ke kamar kemudian mengunci pintu. 

Sekarang ini Abil pantang sekali dengar kata jangan, ngak boleh, kenapa begitu, kalau sempat dengar kata-kata itu maka Abil akan marah dan ngambek, makanya kita selalu mensiasatin ketika mau melarang selalu memghindari kata-kata tadi, sambil bicara pelan dengan nada datar agar supaya tidak terkesan melarang dan marah, bahkan kadang-kadang kita melarang dia sambil tertawa. 

Kalau kita perhatikan anak seumuran Abil memang mempunyai emosi yang lebih tinggi dari pada anak-anak umur 2 atau 5 tahun, bisa jadi karena rasa ingin tahu dan ego mereka sedang berkembang, serta jiwa menjelajahnya yang tinggi sehingga ketika anak umur 3 tahunan tersebut kita larang maka responnya akan marah atau ngambek. 

Selain ngambek dan mudah marah, Abil juga  banyak menangis dibandingkan sebelumnya, mungkin itu adalah cara mengekspresikan kondisi hatinya yang lagi gunda gulana karena keinginannya tidak terpenuhi, Abil suka meminta HP android saya atau punya istri buat lihat game kartun di youtube, jika tidak kita berikan maka dia akan menangis, dan apabila didiamkan ketika menangis maka tangisannya akan semakin menjadi, makanya kita harus cepat mengalihkan perhatiannya agar tangisannya tidak semakin besar.

intinya bagi kita, para orang tua anak umuran 3 tahun harus ekstra sabar, jangan pernah memakai emosi untuk mengarahkan atau mendidik mereka meskipun seringkali tingkah  laku mereka bikin kita emosi, Ikutin saja aturan main si anak selagi itu masih dalam katagori wajar dan tidak menganggu perkembangan jiwa mereka, kalau ternyata sebeliknya, maka kita perlu membimbing anak kita itu, dengan cara lembut tanpa emosi sama sekali. Anggaplah mereka adalah hiburan bagi kita di rumah bukan suatu beban, insya allah kita akan selalu enjoy mendidiknya

No comments:

Post a Comment