Pages

Saturday 5 December 2015

Ragam Cita Rasa Makanan Indonesia

Saya sudah beberapa kali mencicipi kuliner khas beberapa daerah, umumnya sejumlah kuliner tersebut memiliki ciri khas rasa masing-masing, meskipun kadang dari sisi bentuk terlihat mirip tapi ketika dicicipi cita rasanya berbeda-beda. 

Untuk beberapa daerah di sekitar Jawa Tengah seperti Yogyakarta dan Solo makanan lokal di sana memiliki rasa manis, Jawa Timur rada asin dan pedas hampir sama dengan dominasi rasa makanan di beberapa daerah di pulau Sumatera. 
Lain lagi dengan rasa makanan di Sulawesi, umumnya merupakan gabungan antara rasa asin dan manis, Sementara itu kalau Kalimantan saya belum pernah mencicipi makanan di sana, yang saya tahu di Kalimantan terdapat sejumlah makanan olahan dari ikan sungai, sama seperti di Palembang. 

Bersyukurlah kita terlahir sebagai warga negara Indonesia karena bisa merasakan aneka kuliner lezat nusantara yang merupakan salah satu kenikmatan duniawi, munculnya puluhan bahkan ratusan kuliner tersebut tidak lain dikarenakan Indonesia merupakan negara yang kaya akan rempah-rempah, segala macam bumbu bisa ditemukan dinegeri kita tercinta ini, tidak heran menir-menir Belanda dulu, rela berlayar berbulan-bulan untuk bisa Datang ke bumi pertiwi ini, dan salah satu tujuannya tidak lain adalah mendapatan rempah-rempah yang tidak ada di holland sana. Jika anda adalah seorang penikmat kuliner, Indonesia inilah tempatnya, surganya. Makanya bersyukur jadi orang Indonesia. oya....jangan lupa olahraga, karena beberapa di antara kuliner kuliner tersebut enak di lidah tapi buruk untuk tubuh anda. 

No comments:

Post a Comment