Pages

Sunday 13 December 2015

Untuk Pertama Kali, Wanita Menang Pemilu Di Arab Saudi

Luar biasa, ini adalah kali pertama seorang wanita Arab saudi bisa menang dalam pemilu legislatif tingkat kota, setelah kerajaan saudi membuka kesempatan bagi kauw hawa untuk mendaftar sebagai kandidat dan sebagai pemilih dalam pemilu. 

Nama kandidat wanita yang menang tersebut adalah Salma bin Hizab Al-Oteibi, Salma mendapatkan kursi legislatif tingkat provinsi di mekah, kalau di Indonesia setara dengan kursi DPRD tingkat satu. 

Perjuangan Salma mendapatkan kursi parlemen provinsi Mekah tentu bukanlah hal yang mudah, bayangkan saja bagi kandidat wanita seperti Salma, ketika berkampanye harus dilakukan di balik sekat atau diwakili oleh pria, karena Arab Saudi menerapkan aturan super ketat terhadap ruang gerak wanita, para wanita Arab Saudi dilarang bepergian sendiri termasuk dilarang keras menyetir mobil sendiri. 

Tercatat dalam sejarah bahwa Arab Saudi jarang sekali mengadakan pemilu, sejak tahun 1965 sampai dengan 2005 tidak ada pemilu sama sekali di arab saudi, pemilu saat ini merupakan pemilu yang ketiga dan sekaligus merupakan pemilu pertama yang diikuti kandidat wanita serta pemilih wanita. 

Izin bagi wanita untuk berpartisipasi dalam pemilu kali ini merupakan keputusan dari almarhum raja Abdullah, keputusan tersebut dianggap sebagai wasiat penting dari masa kepemimpinannya. Menurut komisi pemilihan umum Arab saudi, ada 2100 kursi legislatif yang diperebutkan dalam pemilu kali ini, sementara 1050 kursi legislatif lainnya merupakan kursi tambahan yang diberikan kepada para wakil yang ditunjuk langsung oleh raja.

No comments:

Post a Comment