Pages

Wednesday 6 January 2016

Misteri Hilangnya Dr.Rica Dan Anaknya


Kemana Dr.rica dan anaknya pergi, hingga kini tidak ada kepastian tentang keberadaan mereka, polisi bilang bahwa Dr.Rica sudah berada di luar Jogja, namun dimana pastinya belum diketahui. 

Dalam surat yang ditulis buat suaminya, Dr. Rica mengatakan bahwa dirinya pergi bukan untuk ikut ISIS, tapi tujuannya untuk berjuang di jalan Allah. 

Kalau bukan ISIS, Mungkinkah kepergian dokter asal Lampung ini mengikuti semacam aliran tertentu, atau kelompok kelompok islam yang ekslusif ?, hal tersebut masih menjadi sebuah misteri. 

Yang menjadi pertanyaan lainnya adalah apa yang mendasari keputusan Dr. Rica sehingga dokter lulusan UII tersebut rela meninggalkan suaminya. 

Saya masih ingat sebuah riwayat yang menceritakan bahwa nabi Muhamad melarang keras seorang istri bepergian keluar rumah tanpa seizin suami, trus kenapa orang seperti dr.Rica yang saya yakin tahu tentang larangan nabi Muhammad tadi, mau melanggar larangan tersebut dengan mengatakan pergi untuk berjuang di jalan Allah, ada dua hal yang bertolak belakang di sini, pergi tanpa seizin suami untuk berjuang di jalan Allah, Apakah Allah akan menerima perjuangan dr Rica, sementara dia pergi dari rumah tidak seizin suami, seperti apa perjuangan yang akan dilakukannya sehingga izin suami terabaikan. 

Saya hanya mencoba menganalisa, jika benar dugaan sementara bahwa dia ikut kelompok-kelompok ekslusif tadi, apa yang mendasari kelompok kelompok tersebut sehingga menerima seseorang yang telah meninggalkan rumah tanpa izin dari suaminya, bukankah hal tersebut bertentangan dengan sabda nabi Muhammad. 

Ya...itulah pilihan dr.Rica, bisa jadi dokter tersebut punya alasan sendiri yang sudah dipertimbangkannya dengan matang, yang kemudian menjadi dasar baginya untuk berjuang di jalan Allah dengan meninggalkan suaminya. 

Saya kira tidak ada perbuatan baik (salah satunya berjuang di jalan allah) di awali dengan perbuatan buruk (salah satunya pergi tanpa izin suami), karena menurut hemat saya, suatu perbuatan baik itu pasti selalu sinergi dengan perbuatan baik lainnya. Seperti yang diberitakan sejumlah media, dokter Rica dan anaknya menghilang sejak beberapa hari lalu di Yogyakarta sebelum bertemu dengan suaminya. 

No comments:

Post a Comment