Sunday 7 February 2016

Sejarah Pemberian Nama Mobil Kijang

Salah satu Mobil keluarga keluaran Jepang yang sudah melekat di hati Dan pikiran orang Indonesia adalah Kijang, Mobil ini beredar di jalan-jalan raya baik di Jakarta maupun di luar Jakarta sekitar pertengahan tahun 70 an, pertama kali yang masuk Indonesia adalah jenis Kijang kotak. Bak kacang goreng Mobil Kijang kotak laris manis di pasaran otomotif tanah air, tidak heran kemudian bermunculan saat itu komunitas Mobil kijang, menjadi kebanggaan tersendiri jika masuk ke dalam komunitas Kijang.

Lalu bagaimana bisa Mobil keluaran Jepang tapi namanya Kijang, ternyata nama Kijang tersebut ada sejarahnya. Sudah menjadi kebiasaan Dari perusahaan Mobil raksasa asal Jepang, Toyota. Sekitar tahun 70 an, Toyota berencana akan memproduksi Mobil keluarga yang nantinya akan di pasarkan di Indonesia, rencana tersebut sengaja disebar luaskan ke Indonesia, agar masyarakat Indonesia bisa berpartisipasi memberikan nama Mobil keluarga yang akan diproduksi Toyota tersebut.

Terkumpul saat itu sejumlah nama hewan dari seratus lebih warga, ada yang mengusulkan Kerbau, Rusa, Kancil Dan Kijang, setelah melalui seleksi ketat akhirnya usulan nama Kijang yang terpilih, karena Kijang adalah hewan yang lincah Dan cerdik, Dan hewan itu dianggap cocok untuk merepresentasikan Mobil yang akan diproduksi tersebut. Salah satu Dari empat orang yang mengusulkan nama Kijang tersebut adalah jusuf Kala, wakil presiden Republik Indonesia sekarang.

Keberhasilan Penjualan Mobil Kijang ini Membawa dampak munculnya mobil-mobil sejenis terutama soal pemakaian nama hewan, lihat saja seperti Mitsubishi Kuda, Isuzu Panther Dan Daihatsu Zebra.

Toyota tidak hanya memasarkan Mobil sejenis Kijang di Indonesia, tapi juga di beberapa negara lain seperti Malaysia, Filiphina, Taiwan, Vietnam, India Dan Afrika Selatan, namun di negara-negara tersebut Mobil Kijang mempunyai nama yang berbeda, di Malaysia Mobil Kijang di sebut Unser, di Filiphina Revo, di Taiwan Zace, Dan lain lain, penamaan yang berbeda tersebut adalah strategi Toyota untuk merebut hati masyarakat, tempat Mobil tersebut dipasarkan, Dan strategi tersebut ternyata berhasil, Penjualan Mobil jenis Kijang tersebut sangat laku Dan Membawa keuntungan besar bagi Toyota.

No comments:

Post a Comment