Thursday 21 January 2016

Mau Buang Penyakit, Cobalah Bekam


Selepas sholat zhuhur tadi siang, saya melihat teman-teman kantor pada kumpul di ruang seketariat masjid, begitu saya masuk ke dalam ternyata mereka sedang nunggu giliran untuk dibekam, ada tiga pembekam yang nampak sedang sibuk melakukan proses pembekaman ini. 

Dulu saya pernah juga di bekam tapi sudah lama sekali, karena itulah tadi saya jadi kepingin dibekam juga. 

Saya lihat darah kental berwarna agak kehitam-hitaman keluar dari tubuh teman-teman saya itu, ada yang jumlahnya sedikit, ada yang banyak, kalau saya ilustrasikan darah tersebut kayak bentuk agar-agar. 

Saya termasuk orang yang suka olah raga, dalam satu minggu, saya bisa sampai 5 hari berolahraga, mungkin karena itulah ketika tadi dibekam, darah kental hitam yang keluar dari tubuh saya terbilang sedikit, bisa jadi dibandingkan teman-teman darah saya yang paling sedikit keluar. 

Bekam merupakan metode pengobatan yang sudah ada sejak zaman dahulu, konon kabarnya raja-raja di zaman kerajaan Sriwijaya dan Mataram kuno sangat menyukai metode pengobatan satu ini, hanya saja alat yang dipergunakan berbeda dari masa ke masa, dulu alat yang dipergunakan adalah tanduk binatang, kemudian peralatannya terus berkembang, dan akhirnya seperti yang kita lihat sekarang. 

Ampuh tidaknya metode pengobatan ini, saya sendiri tidak tahu, yang saya tahu banyak yang mengatakan bahwa Nabi Muhammad juga mengunakan metode pengobatan ini. 

No comments:

Post a Comment