Sunday 3 January 2016

Nasi Minyak Kari Kambing Khas India Super Lezat


Bagi wong kito palembang makanan dalam foto ini sudah sangat populer sekali, sejak dulu makanan tersebut selalu dihidangkan kepada tamu di acara-acara resepsi pernikahan. 

Namanya nasi minyak, sebenarnya nasi minyak ini adalah makanan yang berasal dari India, orang-orang India yang datang untuk berdagang ke sejumlah kota di sumatera, seperti Palembang, Medan, Jambi dan Lampung yang memperkenalkan nasi minyak ini. 

Biasanya keturunan India dari hasil pernikahan dengan pribumi yang disebut tambi, banyak yang jago masak nasi minyak, mereka selalu dipanggil orang yang ingin mengadakan hajatan untuk diminta menjadi juru masak nasi minyak. 

Tidak mudah untuk memasak nasi super lezat ini, banyak bumbu yang digunakan, selain itu diperlukan pula tehnik memasak khusus, intinya tidak banyak orang bisa melakukannya. 

Saya pernah melihat ada orang yang diminta mencari salah satu bumbu campuran nasi minyak, kalau lihat dari plastik wadah bumbu yang akan dicari tersebut sepertinya bukan bumbu utama, tanpa bumbu itu nasi minyak akan tetap lezat, tapi ternyata menurut kokinya tanpa bumbu itu maka rasa nasi minyak akan hancur, jadi ngak boleh menganggap remeh setiap bumbu yang dibutuhkan karena bumbu-bumbu tersebut merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. 

Saya lihat orang yang diminta cari bumbu yang nampak "nothing" tadi, pergi ke toko khusus bumbu india yang berjarak cukup jauh dari tempat memasak, ya harus begitu kalau tidak rasa nasi minyak bakalan mengecewakan. 

Biasanya nasi minyak dilengkapi dengan kari kambing, kari khas india yang kaya akan rempah, rasanya begitu kuat dan pedas, sehingga cocok sekali dengan nasi minyak. 

Tidak mudah membuat kari kambing khas india, karena menyangkut porsi bumbu yang benar-benar harus sesuai takaran, kalau tidak rasanya pasti wasalam. 

Kebetulan hari ini ibu saya bikin nasi minyak dan kari kambing khas india, rasanya lezat selangit, meskipun dari kecil sudah sering makan kedua makanan tersebut tapi rasa-rasanya saya tidak pernah bosan. 

Saya juga sering bawa nasi minyak dan kari kambing ke kantor buat makan bersama teman-teman, saya lihat teman-teman begitu lahab menyantapnya, sepertinya nasi minyak dan kari kambing ini adalah makanan khas India dengan Cita rasa Nusantara, cocok buat lidah siapa saja. Memang
Ajib nasi minyak kari kambing

No comments:

Post a Comment