Wednesday 20 January 2016

Busyettt, Utang Negara 4 Ribu Triliun Lebih, Kapan Lunasnya

Ketika Utang Luar negeri/ULN Indonesia tidak sebesar sekarang (saya lupa jumlahnya) saat itu ada lembaga riset melakukan survey terkait utang negara, dan hasilnya adalah jika ULN Indonesia saat itu dibagi rata perkepala penduduk Indonesia artinya setiap orang diwajibkan membayar utang tersebut, maka satu kepala akan menanggung sekitar 7 juta rupiah. 

Bagaimana dengan ULN Indonesia sekarang yang kabarnya jauh lebih besar daripada ULN saat survey itu ada, berapa besar satu kepala harus bayar jika dibuat riset dengan metode yang sama, tentu jumlahnya lebih besar sekarang dari pada yang dulu, karena meskipun jumlah penduduk nambah tapi pertumbuhan jumlah utang lebih besar. 

Menurut Laporan Bank Indonesia (BI), ULN Indonesia sampai dengan Nopember 2015 mencapai US$ 304,6 atau setara dengan 4.234 triliun, pertumbuhan nilai utang bulan November sekitar 3% lebih, artinya lebih tinggi dari pada pertumbuhan utang bulan Oktober yang hanya 2,5%, bisa jadi pada bulan selanjutnya akan lebih tinggi lagi. 

Kira-kira kapan negara kita bisa melunasi utang sebesar itu, apakah memang sudah suratan takdir bahwasanya kita akan selalu mewariskan utang-utang tersebut kepada generasi-generasi selanjutnya, sampai kapan hal itu akan berlansung. 

Sudah bisa dipastikan bahwa negara atau lembaga pinjaman internasional tidak mau memberikan utang kepada negara kita dengan cuma-cuma, tentu ada kepentingan-kepentingan terselubung di balik pemberian pinjaman tersebut, mungkin teman-teman jurusan ekonomi yang bisa menjawabnya. 

Kita berdoa saja agar pemerintah sekarang dan yang akan datang bisa menemukan formula untuk melunasi utang luar negeri negara kita yang jumlahnya sungguh fantastik itu, dan tenti saja kita berharap pula agar negara ini tidak bangkrut atau dinyatakan pailit oleh dunia internasional.

No comments:

Post a Comment