Wednesday 29 July 2015

Ayam bumbu rendang, sungguh luar biasa...

Anda pernah dengar rendang ayam, bisa jadi jarang dengar atau mungkin tidak pernah dengar dan lihat sama sekali, karena biasanya rendang itu sih daging sapi. Ternyata rendang ayam ngk kalah enaknya dengan rendang daging padang, apalagi makannya pake nasi panas dicampur sambal ijo, dijamin pastilah nasi se-reskuker habis... , berikut bahan  bahan untuk membuat rendang ayam :  satu buah kelapa parut, satu kilo ayam, 3 daun salam, 2 batang serei memarkan, 5 lembar daun jeruk purut, 2 cm lengkuas memarkan, berikut bumbu halus : 7 siung bawang putih, 1/2 sendok makan ketumbar, satu ruas kunyit yang telah di bakar, 6 butir kemiri, 2 cm jahe dbakar, 100 gram cabe merah besar, 100 gram cabe merah keriting, 14 siung bawang merah, 1 sendok teh jinten sangrai, 2 1/2 sendok teh garam, 1/2 sendok teh pala bubuk. Cara membuat rendang ayam : Siapkan satu wajan ukuran agak besar. Beri sedikit minyak dan masukkan bumbu rendang yang sudah dihaluskan diatas ke dalamnya. Aduk aduk sebentar sampai tercium bau harum.
Masukkan santan encer yang sudah dipersiapkan sebelumnya ke dalam wajan tadi. Aduk aduk sampai tercampur dengan bumbu halusnya.
Masukkan daun kunyit, asam kandis yang sudah dipersiapkan, daun jeruk yang sudah dibuang batang daunnya dan batang serai. Aduk aduk semua bahan sampai mendidih. Jangan sampai lupa mengaduk supaya santan tidak pecah.
Masukkan daging ayam yang sudah dipotong potong sesuai selera. Kecilkan api dan aduk aduk supaya bumbu cepat meresap ke dalam ayamnya.
Saat daging ayam sudah agak empuk, masukkan bahan bahan tambahan (kentang yang sudah dipotong potong, tahu atau yang lainnya). Aduk aduk lagi supaya semua bumbu meresap sempurna 

No comments:

Post a Comment