Tuesday 1 December 2015

Cegah Tetesan Dan Tampias Air Hujan Masuk Ke Rumah


Syukurlah akhirnya kanopi belakang penutup void (kisi-kisi angin dan cahaya) sudah selesai dibuat, tadinya khawatir sekali soalnya sudah mulai masuk musim hujan, biasanya ada saja tetesan air hujan tersebut masuk ke dalam rumah melalui void tersebut. 

Selama ini area ujung dapur yang merupakan lantai void tadi selalu basah kalau hujan turun terutama saat hujan disertai angin kencang gara-gara tetesan air tersebut , makanya harus segera ditutup sebelum hujan turun setiap hari. Tadinya belum punya ide mau ditutup pakai apa void sepanjang 4.20 m² itu, tapi setelah diskusi dengan Iwan akhirnya saya sepakat untuk menutupi void dengan polycarbonate.

Iwan yang berprofesi sebagai pembuat kanopi ini mengatakan bahwa polycarbonate bisa bertahan lima tahun, dia akan menambahkan besi sepanjang 70 CM sebanyak 9 batang, buat rangka dan tempat pengikat polycarbonate agar kuat terkena terpaan angin kencang sekalipun, selain itu udara dan sinar matahari dapat leluasa masuk ke dalam rumah karena atap dari polycarbonate tersebut posisinya tinggi setelah di tambah besi 70 CM.

Untuk menghindari tampias air hujan, iwan melebihkan kira-kira beberapa sentimeter polycarbonate dari ujung lubang void, air hujan langsung jatuh ke asbes yang ada di bawah polycarbonate dan langsung terbuang ke area belakang rumah, dan tidak menetes ke dapur lagi. Beberapa hari lalu ketika hujan turun, tidak ada lagi tetesan air hujan di ujung dapur, hanya ada percikan-percikan air hujan yang sangat halus masuk ke area dapur, tapi percikan tersebut tidak menyebabkan basah. 

Untuk mencegah agar nyamuk dan teman-temannya tidak masuk ke dalam rumah melalui void, saya mengantisipasinya dengan mengunakan kawat nyamuk, yang saya pasang di atas teralis besi anti maling yang ada persis di bawah atap polycarbonate. Saya sengaja ketika bikin dapur, meminta kepada yono, tukang yang bikin dapur saya itu untuk dibuatkan void, agar supaya rumah tidak sumpek dan kelihatan terang, udara dan sinar matahari bebas masuk tanpa hambatan ke dalam rumah melalui void tersebut, terutama area dapur dan cuci baju. 

Aroma masakan dan asap tipis yang muncul ketika memasak bisa keluar cepat melalui void dan tidak bertahan lama di dalam rumah. Saya kira keputusan bikin void ini sudah benar, mungkin bagi anda yang sedang membangun rumah jangan lupa bikin void agar rumah anda terang dan tidak sumpek karena sinar matahari dan udara masuk ke dalam rumah anda, tapi jangan lupa untuk bikin atap yang benar di atas void tersebut agar air hujan tidak membasahi rumah anda.

1 comment:

  1. apakah bisa kirimkan foto dari sisi atas?
    saya ada rencana mau bikin begini juga untuk voidnya

    ReplyDelete