Tuesday 1 December 2015

Knalpot Bising Bikin Pusing

(Sumber foto koleksi Polda Metrojaya)
Saya heran lihat orang yang suka naik motor dengan knalpot bising, apa yang yang ada di dalam otak mereka, apakah mengendarai motor dengan knalpot bising bikin mereka terlihat gaya dan gagah, atau apakah mereka butuh perhatian orang karena selama ini mereka kurang diperhatiankan oleh keluarganya.

Yang pasti bunyi knalpot bising tersebut sangat menganggu orang yang ada di sekitarnya, apalagi kalau motor dengan knalpot seperti itu lewat di jalan pemukiman warga pada malam hari saat orang lagi tidur. 

Dibilang gaya juga ngak, malah kampungan sekali, karena trend motor seperti itu sudah lewat, kalau tidak salah trend tersebut di awal-awal tahun 80 an, ketika film Ali Topan Anak jalanab booming. 

Sekarang itu yang lagi trend adalah motor maupun mobil yang nyaris tidak ada bunyi, suara yang keluar dari knalpot terdengar halus, hanya motor gede/MOGE saja yang mengeluarkan bunyi yang besar karena memang tenaga motor tersebut sangat besar, tapi mesti demikian tetap saja bunyinya enak ditelinga, tidak seperti suara knalpot yang sengaja dipotong, ngak enak ditelinga, bising sekali. 

Saya pernah nonton acara talkshow di sebuah televisi swasta, dalam acara tersebut diundang Ridwan Kamil walikota Bandung, kebetulan saat itu tema talkshownya adalah mengenai sejumlah program Pemkot Bandung untuk menjadikan Bandung sebagai kota aneka wisata, salah satu pembenahan yang dilakukan oleh Ridwan Kamil dan jajarannya adalah untuk menunjang program tersebut adalah tertib lalu lintas, semua penguna jalan diminta mempunyai kedisiplinan yang tinggi ketika membawa kendaraan, termasuk juga melarang warga siapa pun mereka, mengendarai motor dengan knalpot bising, untuk menegakkan aturan tersebut, aparat kepolisian setempat sering melakukan razia, bukan hanya surat menyurat harus lengkap tetapi juga motor tidak boleh bising, jika kedapatan maka motor tersebut akan di bawa ke kantor polisi. 

Harusnya memang tidak ada tempat lagi bagi motor knalpot bising, buang saja motor tersebut ke laut dari pada menggangu orang lain. Mudharatnya lebih banyak dari pada manfaatnya. 

No comments:

Post a Comment