Tuesday 14 July 2015

Marah,sifat dasar manusia untuk banyak hal



Manusia dianugerahi amarah oleh Allah tentunya mempunyai tujuan tertentu, tidak mungkin amarah itu tercipta hanya sia-sia saja, salah satu fungsinya adlah menjaga harkat martabat diri dan keluarga, coba saja ganggu kehormatan seseorang pastilah orang tersebut akan ngamuk kepada anda. ada beberapa definis amrah menurut beberapa ahli. 
Menurut C.P. Chaplin, Anger (marah, murka) adalah reaksi emosional akut ditimbulkan oleh sejumlah situasi yang merangsang, termasuk ancaman, agresi lahiriah, pengekangan diri, serangan lisan, kekecewaan, atau frustrasi, dan dicirikan oleh reaksi kuat pada sistem syaraf otonomik, khususnya oleh reaksi darurat pada bagian simpatetik; dan secara implisit disebabkan oleh reaksi serangan lahiriah, baik yang bersifat somatis atau jasmaniah maupun yang verbal atau lisan.
Menurut Mawardi Labay El-Sulthani, marah adalah suatu luapan emosi yang meledak-ledak dari dalam diri yang dilampiaskan menjadi suatu perbuatan untuk membalas kepada orang yang menyebabkan marah.
dari pendapat kedua ahli di atas dapat disimpulkan marah adalah gejolak emosi yang diungkapkan dengan perbuatan atau ekspresi untuk memperoleh kepuasan.
Marah merupakan perasaan yang penting bagi manusia, dengannya kita bisa membangkitkan gelora perjuangan juga semangat pengorbanan dalam membela kebenaran, menegakkan keadilan dan meraih kemenangan. Oleh karenanya, barangsiapa yang kehilangan sifat ini maka ia akan menjadi bahan hinaan, ejekan dan pelecehan di antara sesamanya.

No comments:

Post a Comment