Saturday 5 September 2015

Musim mangga harum manis telah tiba, serbuuu...

Pada saat tadi masih di jalan, saya melihat beberapa pedagang buah yang mangkal di pinggir jalan menjual buah mangga, memang belum terlihat banyak tapi semua pedagang di sana menjual mangga yang ternyata mangga jenis harum manis, saya langsung tertarik untuk membeli mangga tersebut setelah tahu jenisnya. "Berapa bang mangganya", tanya saya ke pedagang buah, "15 ribu/perkilo pak, jawab pedagang mangga, mungkin karena jumlahnya yang belum banyak sehingga harganya sedikit mahal, setahu saya biasanya saat musim buah ini tiba, harga perkilonya paling paling di kisaran 7-8 ribu. "Bisa kurang ngk?, 13 ribu ya", tanya saya, "maaf pak, ngk bisa, ya udah 2 kilo 25 ribu aja ya", si pedagang menurunkan harga tapi harus ngambil 2 kilo, akhirnya saya beli satu kilo saja dengan harga semula 15 ribu, saya hanya beli satu kilo karena khawatir mangga yang dijual pedagang ini rasanya ngk manis alias sepet, maklum jumlahnya nampak masih sedikit. Begitu sampe di rumah saya langsung ambil pisau untuk mengupas mangga yang saya beli tadi , maksudnya mau segera  membuktikan apakah  mangga ini manis atau tidak. Begitu mangga pertama masuk ke mulut dan menyentuh lidah, rasa manisnya langsung terasa begitu mengoda, saya menyesal sekali ngak beli banyak, kalo tahu mangga ini manis, pasti saya terima tawaran si pedagang tadi. Sedikit profil tentang Mangga harum manis yang saya ketahui, buah ini berasal dari dalam negeri, ada sih negara tetangga yang mengklaim bahwa buah ini berasal dari sebuah kota di negara tersebut, dan jika di tanam di tempat lain maka rasanya tidak akan manis, bohong banget tuh, nyatanya ditanam di Indonesia rasa buah ini tetap manis luar biasa. Konon kabarnya mangga harum manis ini banyak dipesan juga di pasar pasar luar negeri, kalo pasar dalam negeri ngk perlu dibahas lagi pasti laku keras. Menurut informasi musim buah mangga yang harum dan manis ini biasanya jatiu pada bulan september dan oktober, makanya tadi buah ini sudah mulai terlihat di lapak pedagang buah pinggir jalan tadi, tapi memang jumlahnya masih sedikit, mungkn baru masuk musim panen pertama, tinggal tunggu aja beberapa minggu lagi pasti buah ini berlimpah, dan kalo sudah berlimpah harganya seperti yang saya sebutkan tadi di atas. Udah dulu ya....masih ada 3 potong lagi yang belum dimakan, ehmmmm...manis banget. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment