Wednesday 21 October 2015

Anak Susah Tidur karena Kurang Beraktivitas

Anak saya Abil termasuk yang tidak mudah untuk tidur, meskipun siang hari dia tidak tidur tapi malam harinya tetap saja susah tidur. Setiap hari Abil masuk ke kamar jam 21.00 wib, tapi baru bisa tidur sekitar jam 22.00, itupun kalau siangnya tidak tidur sama sekali, kalau siangnya tidur, walaupun hanya sejam, biasanya baru bisa tidur pada malam harinya jam 24.00, entahlah apa yang menyebabkan dia begitu. Sebenarnya kalau saya amati, Abil pernah beberapa kali mengantuk sekitar jam 18.00 dan jam 19.00 tapi itu jarang sekali dan kalaupun itu terjadi biasanya saya ganguin dia dengan mengajaknya bercanda atau bermain, agar rasa kantuknya hilang, karena jika dia tertidur di jam-jam itu, tengah malamnya dia pasti terbangun, saya khawatir dia akan kurang tidur jika dibiarkan seperti itu. Abil juga gampang sekali tidur jika kita ajak naik motor, biasanya kalau naik motor posisi duduknya di depan saya, salah satu kaca spion selalu saya arahkan ke mukanya agar saya tahu saat dia mulai mengantuk, beberapa kali saya bawa Abil naik motor malam hari hanya keliling komplek agar dia mengantuk. Seperti malam ini Abil baru saja tidur pukul 22.10 padahal sudah diajak ibunya masuk ke dalam kamar sejak pukul 21.00, tadi saat saya sampai di rumah sekiyar pukul 21.30, saya ajak Abil bercanda di kamar, maksudnya supaya dia lelah sehingga cepat tidur, sepertinya usaha saya tadi cukup membuahkan hasil, meskipun sehabis bercanda tidak langsung mengantuk tapi terlihat di wajahnya mulai lelah, sayangnya tadi ketika bercanda si Abilnya mulai mau menangis mungkin karena kecapean tertawa, kira-kira 25 menit bercanda denganya, saya keluar kamar untuk menulis artikel ini, tidak berapa lama ibunya yang dari tadi berada di kamar bersama Nouren adiknya Abil meminta saya untuk memindahkan Abil yang sudah terlelap ke posisi tidur yang benar, khawatir jatuh dari ranjang, karena posisinya sudah di pinggir ranjang, saya masuk ke kamar dan memindahkan Abil agak ke tengah. Bisa jadi susahnya Abil tidur malam hari karena saat siang hingga sore aktivitasnya tidak membuat dua capek, sementara power anak sebaya Abil yaitu umuran 3 tahun sangat besar sekali, makanya mereka perlu sekali aktivitas yang bisa menghabiskan power mereka tersebut, jika power telah terkuras maka mereka otomatisbakan cepat mengantuk, mungkin perlu saya pertimbangkan untuk mencari aktivitas menyenangkan selain bermain, misalnya berenang.

No comments:

Post a Comment