Wednesday 27 April 2016

Tak Kenal takut Meski Berduaan Dengan Mayat

Ketika pertama ditemukan oleh warga, jasad Nuratikah sangat sulit dikenali, karena pelaku yang ternyata pacar gelap Nuratikah, memotong tubuh korban menjadi beberapa bagian, berkat kerja keras Tim penyidik forensik akhirnya jasad  yang dimutilasi tersebut diketahui identitasnya. 

Sebenarnya pekerjaan terberat dalam penanganan kasus mutilasi seperti yg terjadi di Tangerang dan kasus-kasus serupa lainnya adalah mengidentifikasi jenazah , karena biasanya selain jejak Dan bukti yang minim di tempat kejadian perkara/TKP, juga tubuh korban sudah tidak utuh lagi sehingga sulit dikenali. 

Meski pekerjaan identifikasi jenazah ini tidak mudah namun pekerjaan Ini tidak begitu populer di Mata publik, umumnya Anggota yang bertugas di bagian identifikasi jenazah jarang sekali tampil di media. 

Namanya Sumy Hasty Purwanti, dia adalah salah satu dokter Forensik yang sudah bertugas belasan tahun dan menjadi dokter perempuan Indonesia pertama. Dr. Hasty mengatakan bahwa pekerjaan mengidentifikasi jenazah ini mendatangkan kepuasan tersendiri buat dirinya. 

Di saat berhasil mengidentifikasi jasad yang telah hancur, lalu menyerahkan jasad tersebut kepada pihak keluarga merupakan hal yang sangat memuaskankan bagi Dt.Hasty, "senang rasanya bisa membantu keluarga korban", begitu kata Polwan berpangkat AKBP ini. 

Mungkin bagi kebanyakan orang, berada sendirian di sebuah ruangan bersama mayat seseorang yang meninggal tidak wajar, tentu sangat menakutkan dan bukanlah hal yang diharapkan, berbeda dengan Dr.Hasty, meskipun berlama-lama dengan mayat namun tidak ada sedikit pun perasaan takut. 

Seringkali Dr. Hasty bekerja sendiri ketika ada jenazah yang harus diidentifikasi dan Tidak jarang pula dokter satu ini tidur di Sebelah mayat yang akan diidentifikasi. 

Ada pengalaman unik yang dialami Dr. Hasty, beberapa kali Dr.Hasty didatangi oleh arwah korban pembunuhan yang akan dia identifikasi di dalam mimpinya, arwah tersebut menceritakan kejadian yang dialaminya, Setelah itu mimpi tersebut diceritakan Dr.Hasty kepada Tim penyidik yang sedang menangani kasus pembunuhan tersebut, Dan ternyata cerita arwah itu benar adanya, sehingga memudahkan penyidik melakukan penanganan kasusnya. 

Tentu butuh nyali Dan tekad yang besar ketika akan memutuskan memilih profesi ini, tidak banyak orang yang mau berurusan dengan mayat seseorang yang meninggal tidak wajar, karena itu profesi yang dipilih Dr. Hasty Dan teman-temannya patut dihargai Dan diacungkan jempol.

No comments:

Post a Comment