Wednesday 27 April 2016

Tahu Ngak Kenapa Amerika Dijuluki Negeri Paman Sam?

Sering kita dengar banyak orang menyebut Amerika dengan sebutan negeri paman Sam, baik itu di beberapa artikel koran, majalah dan di naskah berita televisi. 

Ternyata julukan negeri paman sam untuk Amerika ini sudah melekat sejak dulu, meski demikian tidak sedikit yang tidak tahu siapa paman Sam atau uncle Sam ini sebenarnya, salah seorang presiden Amerika, atau seorang pahlawan Amerika, atau mungkin salah satu founding father/pendiri negara Amerika. 

Menurut catatan sejarah, ternyata uncle Sam atau paman Sam adalah seorang warga biasa yang menjalankan bisnis daging segar di kota Troy, NewYork. Pada tahun 1812 Samuel Wilson yang lahir tahun 1766 ini menjadi penyuplai daging segar kepada tentara Amerika. 

Daging segar yang dijual Samuel ini dimasukkan dalam tong yang bertuliskan US (united states) atau Amerika Serikat. Tentara Amerika yang melihat tong berisi daging yang bertuliskan US milik Samuel Wilson sering mempelesetkan US itu dengan sebutan uncle Sam, candaan TNI Amerika itu kemudian menjadi populer saat itu, sampai-sampai media lokal memakai istilah uncle Sam sebagai julukan Amerika, dan lama-kelamaan julukan itupun mulai dikenal publik. 

Pada tahun 1860, sosok uncle Sam ini diangkat lewat film kartun yang bertema politik karya Thomas Nast, dalam film itu uncle Sam di gambarkan sebagai orang tua berjenggot putih lebat yang mengenakan jas bermotif bintang garis-garis. 

Kemudian tahun 1877, sosok uncle Sam ini mengalami perubahan, seorang seniman Amerika bernama Montgomery Flagg membuat ucle Sam dengan sosok yang berbeda dari sebelumnya, Montgomery mengambarkan sosok uncle Sam memakai topi tinggi dan jaket biru, sosok baru inilah kemudian menjadi sangat populer karena sosok uncle Sam ini dipakai dalam poster lowongan kerja menjadi tentara Amerika, saat itu Amerika sangat membutuhkan banyak Tentara. 

Poster bergambar uncle Sam disebarluaskan seantero Amerika, sejak itulah nama uncle Sam atau paman Sam menjadi ikon Amerika, dan julukan negeri paman Sam tersebut melekat sampai sekarang.      

2 comments:

  1. US kali pak bukan UN singkatan dari Uncle Sam :)

    salam kenal

    ReplyDelete
  2. Tq buat koreksinya, maksudnya memang US tapi ketikan huruf US berubah jadi UN (otomatic edit), Salam kenal. :)

    ReplyDelete