Sunday 12 November 2017

Aneka Metode Khitan Modern

Khitan atau yang biasa disebut sunat merupakan kewajiban yang mesti dijalankan oleh seorang Muslim. Berkhitan umumnya dilakukan saat usia anak-anak, yaitu mulai dari umur 4 tahun, namun ada juga orang tua yang mengkhitan anaknya di usia yang lebih besar, dengan alasan agar si anak lebih berani saat dikhitan. 

Saat ini sudah banyak metode khitan modern dengan mengunakan beragam peralatan. 
Metode khitan modern ini diclaim banyak memiliki kelebihan dibandingkan metode khitan zaman dulu yang masih mengunakan peralatan tradisional seperti Bambu, pisau, gunting, dll. 

Di antara kelebihan yang ditawarkan dalam metode khitan modern ini adalah si anak tidak merasakan sakit yang berlebihan, sedikit mengeluarkan darah, proses kesembuhan relatif lebih cepat.

Berikut ini adalah sejumlah metode khitan modern yang kini banyak ditawarkan, diantaranya :

-Metode khitan dengan laser. 
Sebelum dilakukan khitan dengan laser, dokter akan melakukan bius lokal di sekitar area pangkal penis. kemudian dilakukan pengukuran seberapa panjang area yang akan dipotong. Setelah diukur, kulit penis yang akan dilaser diklem, lalu sinar laser ditembakkan ke klem tersebut. Selanjutnya klem dibuka. Agar tidak infeksi dan tetap steril, dokter akan memberikan obat anti infeksi dan penis pasien akan diperban.

-Metode Clamp.
Pada metode ini, digunakan alat yang terbuat dari plastik, untuk menjepit bagian kulit penis yang akan dibuang. Sebelum dilakukan penjepitan, dokter akan memberikan anestesi lokal. pengukuran juga dilakukan dalam metode ini. Setelah kulit penis terlepas, clamp dibiarkan terpasang pada penis pasien, dan akan dilepas 4 - 5 hari kemudian, sampai bekas luka mengering. Selama clamp belum dilepas, dokter akan memberikan obat anti infeksi untuk menjaga clamp dalam kondisi steril. Dalam metode ini, bekas khitan tidak perlu dijahit.

-Metode Electrocoutery
Metode ini sedikit berbeda dengan metode lainnya yang umumnya mengunakan alat khusus. Pada metode ini, bagian kulit penis yang akan dikhitan dipanaskan dengan suhu yang tinggi. Tidak butuh waktu lama, proses khitan dilakukan dengan waktu yang singkat.

-Metode flash cutter
Metode ini sama seperti metode Electrocoutery, yaitu sama-sama mengunakan suhu panas yang tinggi, hanya saja pada metode flash cutter, digunakan logam super tipis, yang tampak seperti benang. Suhu panas yang dihasilkan berasal dari battery. Alat flash cutter berukuran kecil, sehingga mudah dibawa kemana-mana, tidak heran, beberapa dokter yang memiliki alat ini, bersedia untuk melakukan khitan di rumah pasien.

-Metode ikat/lonceng
Pada metode ini dokter akan membersihkan semua bagian penis dengan mengunakan obat anti bakteri/anti infeksi. Setelah itu dilakukan pengukuran, Kulit penis yang diukur, diikat dengan benang khusus. Ikatan dibiarkan lama sampai kulit mati karena tidak mendapatkan aliran darah sama sekali. Setelah kulit mati, maka proses pemotongan dilakukan. Metode ini masih dalam perdebatan, apakah masih layak dilakukan atau tidak. 

  
Itulah beberapa metode khitan modern yang ada saat ini, tentu saja metode tersebut akan terus berkembang, mengikuti perkembangan dunia kedokteran yang begitu pesat. Boleh jadi hari ini sudah ada metode-metode lain yang lebih maju. waw allahualam bisowab.

No comments:

Post a Comment