Saturday 31 August 2019

Mental miskin penghambat jadi kaya



Di dunia ini yang paling sulit dilayani adalah orang yang bermental miskin. Diajak bisnis bilangnya sudah banyak yang jalani bisnis itu, dikasih gratis bilangnya saya mau diperalat, ditawari barang murah bilangnya ini barang pasti jelek, ditawari barang mahal bilangnya maaf saya nggk punya uang, diajak ngerjain hal yang baru bilangnya saya tak punya pengalaman, diajak investasi kecil bilangnya kapan bisa kaya, diajak investasi besar bilangnya modal saya nggak ada.

Yang punya mental miskin ini juga cenderung maunya nunggu doang, tidak mau inisiatif menjemput suatu hal positif yang bisa mengubah nasib, semua harus sempurna di matanya ,baru dia tergerak untuk ikut, itupun dengan pergerakan yang minim sekali, padahal semua kondisi di periode awal sudah pasti tidak akan  sempurna, namanya juga baru dimulai.

Jack ma, konglomerat asal china, pemilik salah satu market place digital terbesar di dunia yaitu ali ba ba, diawal periode membangun bisnisnya pernah mengajak sejumlah temannya untuk bergabung, namun ajakan itu ditolak oleh teman temannya itu dengan beragam alasan, lalu kemudian setelah beberapa tahun, teman temannya itu takjub melihat keberhasilan jack ma dalam berbisnis. 

Di antara teman teman jack ma, ada yang mengatakan bahwa wajar saja jack ma berhasil , karena dia memang punya kemampuan untuk berbisnis. 

Sebenarnya tidak ada perbedaan antara jack ma dengan teman temannya, jack ma hanyalah seorang guru bahasa inggris, dengan kemampuan dan pengetahuan bisnis yang terbatas, hanya saja jack ma punya kemauan untuk memulai, bukan menunggu keajaiban datang seperti yang dilakukan teman temannya.

Jika seseorang masih punya mental miskin, rasanya akan sulit untuk bisa sukses secara finansial, karena ada tembok tebal yang menghalanginya untuk melangkah maju, ya itu tadi mentalnya masih mental miskin.

Kalau hanya menunggu tanpa memulai bagaimana bisa perubahan itu terjadi. Memang ada beberapa orang yang beruntung, tanpa harus melakukan sesuatu seperti kebanyakan orang tapi rejekinya bagus, namun jumlah orang tipe seperti ini sangat jarang ditemukan.

Jadi segeralah memulai untuk menjemput perubahan dalam hidup kita, jangan  hanya menunggu dan menunggu saja tanpa take action, kalo kata bob sadino, 20 persen teori, 80 persennya praktek. 

Ubahlah mental miskin jika dirasakan ada dalam diri, jadikan mental miskin itu menjadi mental kaya, meskipun saat ini kita belum termasuk orang kaya.


No comments:

Post a Comment